‘Ngeblog’ dan Kesalehan Bermedia Sosial

5
48
blogger bengkulu

‘Ngeblog’ kata yang sudah tidak asing di telinga. Sebagian masyarakat sudah banyak menggunakan media blog untuk menyalurkan hobi. Salah satunya menulis. Menulis apa saja. Mulai dari hal yang paling ‘intim’ hingga realitas sosial.

Belakangan, pemamfaatannya sudah berkembang. Bukan hanya di isi konten-konten ‘curhat’ yang tertata rapi dan enak dibaca. Tapi sudah lebih jauh daripada itu. Menangkap peluang dengan ‘ngeblog’. Bahkan menyasar peluang mendapatkan pundi-pundi uang dari internet.

Itu bagi yang mau mengembangkan. Bagi yang tidak tentu sebatas oretan-oretan pengalaman hingga kritikan. Perjalanan hingga makanan paling enak menurut selera penulis (blogger).

Semua tidak ada batasnya asal tidak menulis yang berbau pornografi saja. Walaupun itu tidak bisa dihindari dan banyak yang melakukan itu. Tapi itu kita kecualikan agar tidak terjebak dalam bahasan yang bisa buat kita berpikir aneh-aneh. 

Kembali ke topik. ‘Ngeblog’ itu indah. Nyaman. Dengan ‘ngeblog’ orang bisa saling kenal di dunia maya. Jaringan terbangun. Silaturrahmi jalan terus. Ide-ide dari pelosokpun bisa tersebar luas.

Marshall McLuhan
Gambar: en.wikipedia.org/wiki

Kondisi ini sudah diprediksi jauh-jauh hari oleh Marshall McLuhan. Tepatnya pada awal-awal 60-an. Dia menyebutnya sebagai Desa Global yang tertuang di buku Understanding Media: Extension of A Man.

Desa Global menjadi konsep yang berkenaan dengan perkembangan teknologi komunikasi di mana dunia dianalogikan menjadi sebuah desa yang sangat besar.

Pemikiran ini berawal dari pemikiran McLuhan bahwa suatu saat nanti informasi akan sangat terbuka dan dapat diakses oleh semua orang. Pemikiran ini tentu tidak aneh di zaman sekarang.

Dimana masa itu (60-an), akses internet masih terbatas. Jangkauan saluran TV masih terbatas. Pada masa itu pemikiran ini sesuatu yang luar biasa bahkan dimafhumi jika dianggap sebagai pemikiran aneh dan radikal.

Alvin Toffle
Gambar: en.wikipedia.org/wiki

Satu dasawarsa kemudian (80-an), Alfin Toffler, seorang Sosiolog Amerika yang lahir 1928 dengan latar belakang sebagai Wartawan Majalah Fortune, menerbitkan buku berjudul The Third Wave (Gelombang Ketiga).

Dalam buku ini ia berteori bahwa perkembangan sejarah peradaban umat manusia sudah mengalami tiga gelombang. Gelombang pertama pertanian, kedua industri dan ketiga adalah era informasi.

Pada masa ini, teknologi komunikasi dan informasi merajai dunia dan masuk ke dalam hidup kita sehari-hari. Artinya era keterbukaan saat ini sudah diprediksi jauh sebelum blogger-blogger dilahirkan. Maka dari itu ‘Ngeblog’ masuk di gelombang ketiga.

Blogger saat ini menempati posisi trategis sebagai pengisi ‘peradaban’ era teknologi dan informasi. Keberadaan blogger tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, karena keberadaannya sebagai generasi masa kini yang konsen menulis. Penyebar gagasan, entah positif atau negatif itu soal perspektif. Yang terpenting tidak keluar dari common sense.

Sebagai generasi gelombang ketiga, kita mesti harus berhati-hati. Jangan sampai larut ke dalam terlalu jauh dan dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab. Tantangan kita persis di depan mata.

‘Ngeblog’ tidak bisa lagi dilepas dari Media Sosial (Medsos). Yang kita tulis bisa disebar seluas-luasnya melalui mesin medsos. Bisa dibagi kemana-mana. Bisa dinikmati oleh siapapun. Daripada dimanfaatkan untuk menyebar berita hoax, lebih baik untuk menyebar cerita ‘gombal’ ataupun basabasi.

Sambil ‘ngopi’ dan ngerumpi ‘ngeblog’ bisa di jalankan. Dengan perbanyak perkawanan dan jaringan, inspirasi muncul tiap saat dan selalu siap dijadikan tulisan yang menarik dan inspiratif.

Nah, di momen 1 tahun Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe), saya ingin menitipkan harapaan untuk masa depan generasi selanjutnya.

Kopdar pertama saya mengenap Komunitas Blogger Bengkulu di DiskopUKM
Kopdar pertama saya mengenap Komunitas Blogger Bengkulu di DiskopUKM, 30/4.
BoBe tidak lama saya kenal. Kurang lebih sejak 3-4 bulan lalu. Namun BoBe sudah melekat di hati. Saya merasa nyaman karena merasa memiliki hobi yang sama. Aktivitasnya juga menarik. Selain kopdar yang selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan positif, juga sangat inspiratif memacu semangat saya untuk menulis kembali. 

Dengan dibantu oleh salah satu anggota BoBe namanya Piter saya dibuatkan blog yang belakangan diberi nama BASABASIKHAFI. Bisa dilihat di www.basabasikhafi.com.

Kenapa basabasikhafi, kenapa tidak yang lain? Saya rasa ini nama yang pas karena tulisan saya hanyalah ide-ide ‘basabasi’ semata. Jika menarik alhamdulillah, jika tidak bisa langsung dibuang ke tempat sampah. Namanya saja basabasi tidak usah diambil hati.

BoBe benar-benar menghidupkan semangat baru saya untuk kembali terjun ke dunia tulis menulis. Menulis apapun itu. Yang terpenting tidak mengandung SARA dan cacimaki yang dapat menyinggung orang lain.

Kopdar kedua saya dengan Komunitas Blogger Bengkulu di Perindag
Kopdar kedua saya dengan Komunitas Blogger Bengkulu di Perindag, 22/5.
Walaupun hingga kini, saya belum masuk keanggotaan BoBe secara resmi, tapi berkawan dengan mereka saya sudah merasa cukup dan sangat bahagia. Artinya, ada kepercayaan di antara kami. 

Kembali pada harapan saya pada BoBe. BoBe ke depan bukan hanya kumpulan blogger-blogger yang sama sekali tidak memiliki orientasi, melainkan sebaliknya. Fenominasi ‘kerasnya’ era digital dan informasi harus menjadi alasan kuat bagi BoBe untuk memiliki orientasi pada perubahan sesuai konsen masing-masing. Tentu perubahan positif.

Keributan yang mengarah pada disintegrasi bangsa melalui berita-berita hoax serta adudomba harus kita tangkal dengan ‘ngeblog’ dan bersosial media yang ‘sholeh’.

Apa itu kesholehan ngeblog dan bersosial media? Artinya kita tidak ikut ambil bagian dari itu semua. Sensitivitas kita harus ditingkatkan. Baca dan dikritisi sebelum menyebarkan. Lakukan konfirmasi dan membandingkan dengan informasi yang lain.

Selamat Ulang Tahun ke-1 Komunitas Blogger Bengkulu. Jaya dan tetap eksis membangun peradaban generasi digital dan informasi. ♡♡♡

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini